Ads 468x60px

Minggu, 13 Mei 2012

Belajar Simpel GUI di java

Sebelumnya saya mau minta maaf jika artikel ini tidak bermanfaat. tapi mungkin artikel ini akan berguna bagi mereka yang baru mengenal java seperti saya, dan bagi mereka yang jelek dalam berbahasa inggris. sebab seluruh class utama di java sebenarnya sudah lengkap berada di java docs. tapi tinggal mau mempelajari apa tidak.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat penggunaan JOptionPane Sebagai simpel GUI untuk java. saya bilang simpel karena sebenarnya JOptionPane ini hanyalah dialog box. bukan GUI yang sesungguhnya di java, swing khususnya.

Alat-Alat yang di butuhkan untuk memulai tutorial ini adalah :

1. JDK pastinya.


2. text editor (notepad juga bisa)

3. IDE seperti netbean, eclipse, dll (optional)

>>Langsung ke langkah yang pertama.

untuk bisa menggunakan JOptionPane kita harus import terlebih dahulu class tersebut yang berada pada pakage javax.swing.JOptionPane untuk lebih jelasnya bisa di lihat source untuk importnya seperti di bawah ini.
import javax.swing.JOptionPane;

Sudah seperti itu saja :D. langkah kedua adalah menggunakan class JOptionPane yang telah di import tadi. sebagai contoh saya akan menampilkan text ke user "brixzen" maka kode seperti di bawah ini.
JOptionPane.showMessageDialog(null,"brixzen");

kode null di atas adalah yang menunjukkan bahwa dialog box tersebut tidak memiliki frame induk. jadi dia bebas seperti frame, padahal cuma dialog box. :D

Untuk melakukan input dengan GUI simple ini. di perlukan secara langsung variable penampung bertype String. Langsung saja lihat contoh :
String aku;

aku=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan string yang akan di tampung oleh variable aku");

Seperti di atas. kalau untuk type data lain anda bisa melakukan convert. misal ke integer.

Integer.parseInt(aku);

Seperti itu.. untuk yang lebih komplek seperti penggunaan type dialog box yang berbeda-beda (information, Warning, Error, dll) bisa di baca aja di java docs. insyaAllah kalau sudah mempunyai basicnya bakal mudah ngembangin :). sebenarnya type dialog box bukan cuma input sama Message aja. tetapi ada decision juga, makanya untuk lebih jelasnya bisa di baca di sumbernya langsung saja ke http://docs.oracle.com/javase/1.4.2/docs/api/javax/swing/JOptionPane.html

ini source code lengkap contoh-contoh di atas.

import javax.swing.JOptionPane;

public class utama{

public static void main(String[] args){

String aku;

JOptionPane.showMessageDialog(null,"brixzen");

aku= JOptionPane.InputDialog("Masukkan input untuk variable aku = ");

JOptionPane.showMessageDialog(null,aku);

}

}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..