Ads 468x60px

Selasa, 15 November 2011

Pengertian dan penggunaan FTP

Ehmmm. Artikel ini sedikit menjelaskan secara pemahaman saya tentang FTP dan juga penggunaan softeware FTP. :P bagi yang sudah ngerti nggk ada maksud saya untuk menggurui. saya cman pengen menyebar ilmu :) yang saya dapet secara gratis di internet :).

FTP adalah sebuat protokol internet yang bertugas melayani pertukaran file, bisa upload/download :), dengan FTP process akan semakin mudah untuk menjelajahi suatu server(jika punya server web). Banyak manfaat FTP di kalangan Online(internet) sebab kemudahan dan ke amanan FTP cukup terjamin(FTPS lbh aman :P). jadi server yang kita remote nanti akan kelihatan seluruh directorynya yang di share :). seperti sharing di windows antar lan itu lo :). jadi secara bebas kita bisa meng hapus/meng edit file2 yang kiranya perlu untuk di edit/di hapus :). di bawah ini saya akan kasih liat gmn FTP itu beraksi. :P software untuk mengakses FTP server namanya adalah FTP client. anda bisa cari di inet banyak kok. ada juga yang bayar ada juga yang gratis :).


klik gambar di atas untuk memperbesar. di atas ini adalah FTP yang saya remote adalah server saya :). jadi klo saya ingin merubah isi dari server saya, tinggal login ke FTP hapus beberapa file langsung down deh servernya :P (hancur). di sebelah kiri di gambar adalah direktory local di laptop saya, klo yang kanan adalah direktory online di server saya. jadi semua yang saya kirim ke kanan akan bisa di download orang :). jadi selain untuk tukeran file antar komputer FTP juga bisa di gunakan me remote file2 di server :). kebanyakan server sekarang menggunakan FTP sebagai management file nya :D, jadi santai saja klo anda setidaknya dah mengerti tentang FTP :) simple banget klo mw bikin direct link di situs kita :P (tadi teman saya ada yang tanya :))

Software2 FTP sangat banyak sekali di internet saya sendiri kadang memakai FileZilla yang free :P kadang pakai Core FTP Pro (bayar nih) menurut saya kedua software tersebut sangatlah ampuh dalam hal FTP client. tapi saya yang sebel pada file zilla FTP karena mash banyak bug(error) :( akhirnya saya lebih sering menggunakan Core FTP pro :) bagi teman2 yang pengen mencoba File zilla bisa di download di mari

http://filezilla-project.org/ untuk file zilla bisa liat di web langsungnya itu. klo untuk Core FTP bisa di mari. :P (versi full :P) http://www.mediafire.com/download.php?9lau9ue33d6jzvl

untuk penggunaan nya sangatlah simple. anda tinggal memasukkan alamat FTP server. kemudian username dan password. portnya biasanya default semua server 21 semua :P. mungkin pakek tulisan aja nggk cukup. ni saya kasih contoh di CoreFTP Pro. setting FTPnya :), Oiya sebelum melakukan setting anda harus meng install dlu ea :P :P. keygennya juga uda ada di dalem :).

Pertama silahkan klik tombol Quick Connect gambar petir yang saya lingkari merah :).

setelah itu akan ada perintah di suruh masukin host server, user name, password, mode FTP, dll :P seperti gambar ini

Yang saya lingkari merah adalah contoh hostname atau alamat server FTPnya :P, yang hijau adalah username untuk masuk ke server FTPnya, yang kuning tentu saja passwordnya, klo yang ungu adalah mode FTPnya. pakai mode pasive aj. klo saran saya nggk usah di rubah modenya. soalnya software ini akan mendeteksi secara langsung mode apa yang terbaik :).

OK silahkan anda berekperimen dengan FTP client. saya mw kuliah dlu :P jika ada yang kurang jelas bisa di tanyakan di komentar :)

2 komentar:

  1. permisi gan mau tanya. kalau komputer kita lagi offline nih, apakah orang lain bisa mendownload file dari kita?
    trims.

    by:indra ( blogdesigngue.blogspot.com )

    BalasHapus
  2. tidak bisa bro.. kan ada sambungan yang ada.. kecuali kompter yang offline itu masih tersambung dengan komputer FTPnya secara local. pasti masih bisa.

    BalasHapus

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..