Ads 468x60px

Jumat, 06 Januari 2017

Puaskan Lidah Dengan Sensasi Gurih Ayam Lodho Tulungagung


Apabila Anda sedang mampir ke Tulungagung, maka sempatkanlah waktu untuk menikmati kuliner khas dengan bahan utama ayam ini. Kuliner yang menawarkan citarasa gurih nan pedas ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga. Rasa ala masakan rumahan yang membuat perasaan menjadi nyaman akan langsung menyergap lidah para penikmatnya.
Mirip opor ayam
Ayam lodho memiliki tampilan yang nyaris serupa dengan opor ayam. Pasalnya, keduanya memang merupakan olahan ayam yang dicampurkan dengan kuah santan gurih. Bedanya, ayam lodho sebelumnya dibakar terlebih dahulu baru dicampurkan dengan santan beserta bumbunya yang terkenal memiliki pedas menggigit. Ayam lodho biasa dinikmati bersama urap-urap alias semacam campuran sayur rebus yang dipadukan bersama urap kelapa parut.
Ayam lodho umumnya terbuat dari ayam kampung berusia muda. Ayam kampung yang masih berumur 3-4 bulan nantinya akan dibakar lalu dibalut dengan bumbu yang terdiri dari berbagai rempah lezat. Baru setelah itu, tambahkan santan cair. Panaskan santan hingga mendidih dan tambahkan juga potongan cabai rawit utuh sembari menunggu ayam menjadi lebih lunak. Terakhir, tuangkan santan kental bersama campuran yang sebelumnya agar terbentuk citarasa khas nan legendaris ala ayam lodho Tulungagung.
Terdiri atas dua varian bentuk potongan
Ada dua macam bentuk ayam lodho yang bisa Anda dapatkan. Yang pertama adalah model utuh dan yang kedua adalah model potongan. Untuk model utuh, Anda perlu membayar seharga Rp 60 ribu dan Anda akan mendapatkan seekor ayam lodho utuh yang ‘nendang’ di mulut. Sedangkan untuk model potongan, Anda perlu membayar senilai Rp 16 ribu per potong.
Di Tulungagung, Anda dapat bersambang ke Rumah Makan Lodho Bu Kasnan di daerah Jalan Ki Mangun Sarkoro No.22 . Warung yang telah berdiri semenjak 20 tahun yang lalu ini dikenal menjual ayam lodho yang mak nyus nan tiada duanya. Dan jika hendak bertandang kesana, warung ini buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul delapan malam.
Nah, selamat mencoba kuliner legendaris yang satu ini ya!
Source: http://www.jitunews.com/read/21512/menikmati-ayam-lodho-legendaris-dari-tulungagung-yang-mak-nyosssss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..