Ads 468x60px

Selasa, 03 Januari 2017

Kiat Agar Keamanan Android Selalu Terjaga


Pernahkah terlintas di benak bahwa sewaktu-waktu Anda bisa kehilangan data penting pada Android Anda? Hm, meski nyaris mustahil, tapi ternyata hal ini dapat terjadi pada Android yang bersistem keamanan juara. Kalau sudah begini, siapa yang bisa dipersalahkan? Ya, sebenarnya sih hal semacam itu dapat terjadi karena kelalaian dari si pengguna Android sendiri. Jadi, satu-satunya yang harus dipersalahkan adalah bukan pihak Android melainkan si penggunanya. Lho kok bisa? Berikut penjelasannya,
Keamanan Ditanggung Pengguna
Android memang mempersilahkan pemasangan aplikasi dari pihak ketiga. Namun begitu, seluruh keputusan diserahkan kepada tangan Anda. Sebelum Anda memasang aplikasi non-resmi dari appstore, otomatis Anda akan ditanyai soal izin pemasangan. Jika Anda mengizinkan, barulah Android mau menerima pemasangan aplikasi pihak ketiga yang telah Anda unduh tadi. Jadi, jika terjadi apa-apa, maka semuanya adalah murni akibat kesalahan dan keputusan Anda sendiri.
Yang Dilakukan Agar Android Senantiasa Aman
Setiap detiknya, Android pasti akan terpapar dari berbagai virus dan malware mematikan. Namun tidak usah cemas, Anda nyatanya dapat menghindari serangan tersebut dengan senantiasa melakukan tips-tips sederhana berikut ini.
Pertama, pastikan Anda selalu mengaktifkan fitur lockscreen maupun screen pinning pada Android yang Anda miliki. Hal ini pun bertujuan agar keamanan data dan privasi Anda selalu terlindungi dari jajahan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Kedua, jangan pasang aplikasi dari sumber yang meragukan (terutama yang menawarkan mod dan cheat engine). Meski nampak menggiurkan, namun ternyata aplikasi-aplikasi tersebut beresiko menyimpan segudang malware yang siap menyusup dan menghancurkan Android tercinta Anda.
Ketiga, pasang anti-virus untuk keamanan yang berlapis. Ya, meski sistem keamanan Android konon adalah sistem keamanan dengan daya tahan terbaik, namun toh tidak ada salahnya memasang aplikasi pelindung yang akan menguatkan pertahanan si Android itu sendiri. Dan yang terakhir, sering-seringlah update aplikasi. Entah secara manual atau otomatis, rutinlah mengecek pembaharuan yang disediakan untuk aplikasi Anda. Jangan ragu juga untuk memasangnya segera agar Android terbentengi dari segenap virus dan malware yang ‘nakal’.
Source: http://www.webkeren.net/2015/04/menjaga-keamanan-smartphone-android.html

1 komentar:

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..