Ads 468x60px

Senin, 02 Januari 2017

Mengenal Seluk Beluk Jailbreak pada iOS


Apple dikenal sebagai perusahaan yang sangat ketat dalam urusan mengatur pemakaian aplikasi pada setiap produknya. Bukannya apa-apa, hal ini semata karena Apple memang ingin agar keamanan dari sistem operasi semua produknya senantiasa terjaga. Alhasil, para pengguna produk Apple jadi tidak leluasa dalam mengoptimalkan pemakaian gadget mereka karena hanya bisa mengunduh aplikasi dari appstore milik Apple saja. Tak pelak, hal ini pun mendorong sebagian orang untuk ‘tega’ membobol sistem iOS yang telah tersusun rapi pada iPhone, iPad dan iPod milik mereka. Wah, membobol yang seperti apa ya?
Pengertian dan Pro-Kontra Jailbreak
Nah, jika pada sistem operasi Android proses membobol yang seperti itu dinamakan dengan proses rooting , maka pada sistem operasi iOS hal tersebut disebut dengan sebutan jailbreak. Proses tersebut merupakan proses modifikasi sistem untuk mendapatkan akses tak berbatas pada perangkat iOS sehingga sebagai pengguna Ada dapat dengan memasukkan aplikasi dari pihak selain Apple. Tak hanya itu, Anda pun juga bisa dengan bebas mengutak-atik berbagai pengaturan yang terdapat pada gadget Anda yang sebelumnya terhalang oleh izin dari pihak Apple sendiri.
Untuk melakukan jailbreak, Anda perlu memasang aplikasi bernama Cydia. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga yang akan memperbolehkan Anda untuk mengunduh aplikasi yang bukan aplikasi resmi Apple appstore.
Dengan begini, Anda sebagai pengguna produk Apple dapat menikmati pilihan berbagai fitur menarik yang tidak tersedia pada appstore Apple. Berbagai manfaat lain pun bisa Anda dapatkan melalui jailbreak seperti dapat melakukan file transfer pada device selain Apple dan kustomisasi perangkat tanpa batas. Namun kekurangannya, garansi pada produk Apple milik Anda jadi hilang.
Berlaku untuk iOS Mana Saja?
Proses jailbreak dapat diterapkan pada seluruh generasi sistem operasi iOS mulai dari generasi pertama hingga generasi paling akhirnya yakni iOS 10. Di Indonesia sendiri, proses jailbreak masih belum jelas soal hukum legal atau tidaknya. Maka untuk lebih amannya, alangkah lebih baiknya jika Anda teliti membaca peraturan hukum tentang jailbreaking sebelum melakukan proses tersebut pada gadget Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..