Ads 468x60px

Sabtu, 05 November 2011

Memahami algoritma dalam diri kita


Bissmilah :). pada artikel ini saya ingin mengajak pembaca untuk bisa mengenali algoritma yang ada dalam diri nya :) sehingga bisa memecahkan masalah perograman dengan mudah (insya Allah). Klo menurut saya pribadi. algoritma ini tidak bisa di pelajari. sebab ini melekat dalam diri kita, udah ada sejak kita di lahirkan kedunia. dan sudah menjadi pola pikir kita selama ini :). karena tidak bisa mempelajari algoritma saya disini akan membantu memahami algoritma atau pola fikir kita terhadap suatu masalah. biar pada mata kuliah pemrograman anda bisa dengan lancar memecahkan suatu masalah. :)

Algoritma ini sangat penting dalam dunia pemrograman. sebab inilah yang membangun suatu bahasa menjadi step-step pemecahan masalah :). bagi orang yang sudah menemukan pola fikir yang tepat. pemrograman yang sangat rumit pun bisa dengan mudah iya pecahkan. dengan sedikit berfikir tentunya. dan tidak perlu setress untuk memikirkan alurnya :).


Pertama yang perlu anda ingat ketika menganalisa suatu masalah adalah. bayangkan diri anda menjadi compiler program. jngan sampai anda langsung membayangkan bagaimana mendapat output sperti itu. tapi lebih ke bagaimana komputer bisa menjalankan suatu baris perintah sehingga menampilkan output seperti itu. perlu di garis bawahi adalah. bayangkan diri anda menjadi kompiler/komputernya, dan jangan pernah melihat output :) (menurut saya sih gtu :P)

Kedua silahkan baca-baca mengenai sintax pemrograman yang anda pelajari :). Disini berfungsi untuk membuat program menjadi lebih simple, soalnya bisa menggunakan perintah-perintah pemrograman yang tepat :). tapi tergantung alur pemikiran masing-masing juga. soalnya gak semua orang mempunyai alur pemikiran simple. atau kadang kita lupa aturan dalam suatu bahasa pemrograman sehingga membuat program dengan sintax yang panjang -,-

Ketiga sering-seringlah melatih otak anda untuk memecahkan masalah berat yang menggunakan logika tentunya. jngan sering menggunakan perasaan :P (menurut saya). jadi klo anda dalam masalah yang serius, saya sarankan untuk seseringmungkin memecahkannya dengan logika pemikiran dan fakta-fakta. bukan dengan emosi dan perasaan. mungkin hal ini bisa membantu kebiasaan anda saat mengalami masalah algoritma dalam menulis program nanti :).

Ke Empat, Selalu berfikir ceria, ini bertujuan untuk tidak membuat anda setres. soalnya memecahkan suatu algoritma kadang membuat fikiran kita linglung(pengalaman :P) untuk mengatasi ini semua anda harus bisa mengarahkan rasa linglung anda ke hal-hal yang lebih lucu dan seru. biar di otak anda bisa hilang tu sintax-sintax yang membuat fikiran setress :P :P.

Ke lima, Ketika membuat suatu algoritma. buatlah pertanyaan-pertanyaan sendiri. kemudian jawab pertanyaan itu sendiri juga :P (gila dong.? emang.!) ini berfungsi untuk menghindari bug pada program anda. dan mendeteksi semua kemungkinan yang akan terjadi :) :).

Ke enam. udah menurut saya cuman lima kug. bagi yang punya lebih rinci dan bisa menyadarkan teman-teman kita tentang algoritma bisa di tambahkan di mari. saya akan dengan rela hati meng edit post ini, demi kelancaran algoritma teman-teman semua. :) OK sekian dlu dari saya. keep try and error :P.  oiya tambahan sedikit, algoritma adalah bukan karena kita hafal sintax trus lancar membuat program. tapi bagaimana kita memecahkan suatu masalah dengan bantuan sintax-sintax tersebut :).
bagi yang mengcopy tread ini. tolong di cantumkan link back ke thread ini ya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..