Ads 468x60px

Kamis, 29 Desember 2016

Terlalu Sering Bermain Media Sosial, Berbahayakah?


Di era teknologi seperti sekarang, kedahsyatan eksistensi dari media sosial memanglah tak terelakkan lagi. Baik yang tua maupun muda-mudi, semuanya senantiasa terpaku pada layar ponsel pintar mereka masing-masing. Untuk apa? Tentu saja untuk melancarkan aktivitas harian mengecek media sosial dan segala hiruk pikuknya yang selalu membuat penasaran. Namun, pernahkah terpikir di sanubari Anda bahwa terlalu sering bermain media sosial dapat membawa Anda pada berbagai macam keburukan? Wah, benarkah? Yuk kita simak sederet fakta yang berikut ini,

Krisis Percaya Diri
Percaya tidak percaya, terlalu aktif dalam media sosial akan berpengaruh pada besar tidaknya rasa percaya diri seseorang lho. Usut punya usut, ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa terjadinya peningkatan interaksi media sosial akan membuat level percaya diri seseorang menjadi menurun. Hm, mencengangkan juga ya?
Perilaku Antisosial
Sudah bukan rahasia lagi kalau media sosial itu ‘membuat yang jauh menjadi dekat dan membuat yang dekat menjadi jauh’. Alhasil, ketika seseorang asyik berinteraksi di dalam media sosial, Ia pun akan semacam ‘lupa diri’ terhadap lingkungan di sekitarnya. Kehidupan sosial di kehidupan nyata pun justru jadi terabaikan karena notabene sibuk mengurus kehidupan sosial di dunia maya.
Ketagihan
Sekali Anda terjebak pada media sosial, konon Anda akan susah untuk lepas atau tidak tergoda untuk senantiasa membukanya. Hal ini pun kerap kali terjadi pada kalangan remaja yang memang mayoritas menjadikan media sosial sebagai tempat mencari eksistensi dan perhatian. Sebuah studi bahkan menyatakan bahwa 50 persen remaja tidak betah jika tidak membuka media sosial mereka hanya dalam waktu sekali sehari. Hii, ini berarti kebanyakan remaja pun sudah biasa ‘diperbudak’ oleh teknologi. Ngeri!
Cyberbullying
Yang membuat kaget, ternyata ada sebuah penelitian yang memaparkan bahwa 95 persen remaja mengaku sudah pernah menyaksikan aksi bullying di jagat sosial media. Sedangkan 33 persen remaja bahkan mengaku sudah pernah di-bully di jejaring sosial.
Wah, ternyata efek negatif yang ditimbulkan oleh media sosial itu tidaklah sepele ya. Maka dari itu, tetaplah menjadi pengguna media sosial yang bijak dan sehat!
Source: http://health.liputan6.com/read/2338491/4-bahaya-terlalu-sering-main-media-sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..