Ads 468x60px

Kamis, 22 Desember 2016

Biar Tidak Kena Hack, Ikuti Tips Menjaga Keamanan Medsos Ini Yuk!

Setiap pengguna media sosial pasti pernah menjadi saksi dari peristiwa ‘pembajakan’ akun media sosial. Hal ini merupakan peristiwa yang sangat mengesalkan bagi siapa saja. Entah itu terjadi pada akun milik sendiri, akun milik perusahaan atau akun milik kerabat maupun famili. Segenap kerugian seperti jebolnya keamanan akun, penyebaran konten tak senonoh hingga bocornya data pribadi sangatlah mungkin untuk terjadi. Nah, jadi apa yang harus dilakukan agar terhindar dari kejahatan cyber yang menyebalkan ini? Berikut tips mudah yang bisa Anda ikuti mulai kini,

Gunakan Kata Sandi yang Unik
Membuat kata sandi yang tidak mudah dibobol itu sebenarnya mudah saja sifatnya. Anda pun tidak perlu repot-repot membuat kata sandi yang panjangnya bertele-tele nan susah untuk diingat. Cukup terapkan saja prinsip membuat kata sandi yang kompleks dengan menyertakan kombinasi angka, simbol dan huruf besar kecil pasa setiap password akun media sosial Anda. Jangan lupa juga, buat kata sandi yang berbeda-beda pada setiap akun medsos Anda agar keamanan media sosial yang lainnya pun ikut terjaga.
Jangan Mudah Menyimpan Kata Sandi pada Browser
Jangan mudah tergiur untuk meng-klik pilihan ‘iya’ saat browser menawarkan fitur menyimpan kata sandi Anda pada situs tertentu. Meski hal ini akan memudahkan Anda dalam mengakses akun media sosial Anda di kemudian hari, namun hal ini juga sejatinya akan memudahkan para ‘tangan usil’ untuk membobol akun media sosial Anda tersebut. Apalagi kalau Anda menggunakan komputer di tempat-tempat umum seperti sekolah, kantor ataupun warnet. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk tidak mengiyakan penawaran menyenangkan dari browser yang kebetulan sedang Anda pakai.
Cermati Situs yang Hendak Anda Akses
Perhatikan secara seksama situs yang hendak Anda masuki. Kini tengah heboh metode hacking yang disebut dengan phising. Metode ini bekerja dengan mencuri data akun media sosial seseorang melalui situs palsu yang meniru situs-situs media sosial besar (seperti contohnya Facebook). Maka dari itu, jangan lalai ya!
Keamanan media sosial Anda berada pada kekuasaan Anda. Selalu teliti dan jangan lupa untuk selalu menerapkan tips-tips di atas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik slalu menulis komentarnya di web yg iya kunjungi..